cover
Contact Name
Nanang Fakhrur Rozi
Contact Email
nanang@itats.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
wiwikwidyo@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK)
ISSN : -     EISSN : 26207745     DOI : -
Core Subject : Education,
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), diterbitkan secara daring (online), setahun 2 (dua) kali pada bulan Mei dan November oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. Jurnal ini memuat publikasi hasil pengabdian, pemberdayaan, serta penerapan IPTEK kepada masyarakat
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2018)" : 14 Documents clear
Pengembangan dan Analisis Aplikasi Penjualan Mobil dan Suku Cadang pada CV Putra Iman Kurniawan, Mei P; Satya, Barka
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1375.951 KB) | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i1.193

Abstract

Seiring dengan kebutuhan masyarakat dengan efisiensi mobilitas, membuat kebutuhan terhadap suatu media transportasi tidak lagi menjadi kebutuhan sekunder, dibuktikan dengan penjualan kendaraan yang terus meningkat setiap tahunnya terutama dengan penjualan mobil. Terbatasnya media informasi pada suatu showroom penjualan mobil membuat calon pembeli atau calon pembeli harus datang langsung untuk mengetahui fasilitas dan teknologi mobil tersebut. Ketidak efisienan interaksi antara calon pembeli dan agen penjual menjadi masalah utama pada penelitian ini. Penerapan media e-commerce diajukan untuk menyelesaikan permasalah tersebut. Studi kasus dilakukan pada CV. Putra Iman yang merupakan showroom penjualan mobil dan suku cadang. Aplikasi yang berbasis website ini nantinya akan diisi dengan fitur transaksi penjualan mobil, suku cadang dan lainnya, informasi mengenai ketersediaan mobil dan juga suku cadang dapat langsung dilihat calon pembeli pada website e-comerce tersebut serta informasi mengenai spesifikasi barang yang di pasarkan pada showroom. Kemudian website ini diuji ke 10 pengguna dan dilakukan wawancara ke pengguna tersebut. Dari hasil pengujian diperoleh fakta bahwa 9 dari 10 pengguna menyatakan website ini informatif dan memudahkan dalam melakukan pembayaran.
Pelatihan Pengajaran Bahasa Inggris Usia Dini bagi Guru-Guru Bahasa Inggris di PAUD-TK-MI Masruroh, Lailatul; Ainiyah, Maslakhatul; Hidayah, Bariqotul
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.61 KB) | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i1.247

Abstract

Bahasa Inggris, sebagai bahasa internasional, mendapat perhatian lebih dalam dunia pendidikan di Indonesia. Bahasa asing ini dijadikan mata pelajaran wajib di sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA). Selain itu, bahasa ini dijadikan muatan lokal di sekolah dasar (SD). Bahkan, beberapa kelompok belajar (KB) atau taman kanak-kanak (TK) sudah mengajarkan bahasa Inggris untuk anak-anak. Pada usia dini, anak-anak akan dengan mudah memperoleh atau mempelajari sesuatu yang baru, lebih-lebih mempelajari bahasa. Hal ini sesuai dengan teori second language acquisition. Oleh karena itu, untuk mengurangi terjadinya eror pada pembelajaran bahasa di usia dini, khususnya terkait teknik dan strategi pengajaran, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pelatihan pengajaran bahasa Inggris usia dini pada guru-guru Bahasa Inggris di PAUD/TK/MI Desa Abar-Abir. Kegiatan ini bertujuan untuk dapat memberikan gambaran kepada guru-guru tentang pengajaran English for the young learner.
Pelatihan Pembuatan Media Informasi untuk Pamong Belajar di SKB Cerme Gresik Pudjianto, Udik; Saurina, Nia; Adisusilo, Anang Kukuh; Hadi, Firman; Wahyuningtyas, Emmy; Syidada, Shofiya
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (616.874 KB) | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i1.194

Abstract

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Cerme - Gresik, untuk selanjutnya ditulis SKB Cerme merupakan lembaga pendidikan non formal di bawah Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BPPAUD & DIKMAS) Propinsi Jawa Timur menyelenggarakan program seperti Kelompok Bermain Tunas Cendekia, Taman Kanak- Kanak Cendekia, Paket B Setara SMP, Paket C Setara SMA, Paket C Dewasa Usia 22 Tahun ke atas, Kursus Menjahit.Videoscribe adalah software yang bisa digunakan dalam membuat desain animasi dengan sangat mudah, walaupun oleh orang yang tidak memiliki latar belakang Teknik Komputer sekalipun. Software ini dikembangkan pada tahun 2012 oleh sparkol (Salah satu perusahaan yang ada di Inggris). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan pelatihan pembuatan media informasi kepada pamong belajar menggunakan videoscribe.
Front & Back Matter Vol. 2 No. 1 JPP IPTEK, Redaksi
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelatihan Pembuatan Blog untuk Pengembangan Media Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan Tundjungsari, Vitri; Suhaeri, Suhaeri
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1190.158 KB) | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i1.225

Abstract

Weblog atau disebut juga sebagai blog merupakan sarana untuk menuliskan dan menginformasikan aktivitas seseorang maupun organisasi secara online. Blog dapat digunakan institusi pendidikan untuk penyebaran informasi maupun kegiatan belajar-mengajar antara guru dan murid. Pelatihan ini ditujukan untuk para guru dan murid SMK Ristek Jaya dan SMA Muhammadiyah 1 Jakarta guna membantu kegiatan belajar-mengajar sehingga materi pembelajaran dapat diakses dari mana saja. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa seluruh peserta mengalami kenaikan pengetahuan yang signifikan, ditunjukkan dengan hasil post-test yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil pre-test. Hasil pelatihan juga menunjukkan bahwa blog berpotensi untuk dijadikan sebagai media pembelajaran di sekolah. Namun demikian, masih perlu diteliti lebih lanjut efektivitas pembelajaran dengan blog.
Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Melalui Kegiatan Kepedulian Lingkungan dan Pendidikan Karakter Generasi Penerus, Desa Banjar Kemuning, Kecamatan Sedati, Sidoarjo Rahmawati, Nur; Suparjo, Suparjo; Suparto, Suparto; Suhartini, Suhartini
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.386 KB) | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i1.187

Abstract

Desa Banjar Kemuning, sebagai desa nelayan yang sangat berpotensi akan hasil laut dan juga tambak sebetulnya memiliki peluang besar untuk dapat mensejahterakan warganya. Desa yang terletak di kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur ini memiliki kondisi geografis yang cukup dekat dengan laut Dengan jumlah penduduk didesa Banjar Kemuning adalah 1.749 orang, memiliki mata pencaharian sebagai nelayan dan pengelola tambak yang ada disekitar desa. Dari data lapangan diperoleh jumlah penduduk miskin yang terdata adalah sebanyak 420 jiwa. Dengan latar belakang permasalahan dan geografis inilah, lokasi desa Banjar Kemuning menjadi lokasi yang tepat untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang akan dilakukan oleh Jurusan Teknik industri ITATS.Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di Desa Banjar Kemuning Sedati Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah pendampingan dan pelatihan. Dalam pelaksanaannya kegiatan pendampingan pengabdian dibagi dalam empat kegiatan utama, yaitu kerja bakti, perbaikan sarana informasi, pelatihan komputer, serta perbaikan fasilitas sekolah. Kerja bakti dilakukan dengan melibatkan warga sekitar untuk membersihkan masjid yang merupakan tempat ibadah warga Ds. Banjar Kemuning, Sedati Sidoarjo. Perbaikan sarana informasi dilakukan dengan membuat mading sebagai salah satu sarana penyampaian informasi kepada warga serta pembuatan dan pemasangan plakat nama jalan untuk mempermudah pengguna jalan dalam menemukan lokasi yang diinginkan. Sedangkan pada lingkungan sekolah sendiri dilakukan beberapa perbaikan yaitu pada area perpustakaan dengan menambah jumlah rak buku serta pada lab komputer yaitu dengan memperbaiki komputer sebagai sarana belajar siswa. Selain itu, siswa juga dibekali dengan pelatihan komputer yang cukup sebagai bekal dalam menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat.
Penerapan Multimedia dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Guru Sekolah Tingkat Dasar dan Menengah Shofi, Ahmad Thoyyib; Mazidah, Eva Nur; Nimah, Fauziyatun
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (633.121 KB) | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i1.246

Abstract

Belajar merupakan suatu proses keterkaitan antara peserta didik, pendidikan, dan materi yang diajarkan dalam lingkungan belajar. Oleh karena itu, belajar dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Dalam hal ini, pendidik dituntut untuk menggunakan media yang ada. Selain itu, pendidik juga harus siap dengan perubahan media yang sesuai dengan perubahan teknologi. Pengajaran yang menggunakan media seperti televisi, laptop, film, proyektor, video, ponsel pintar, dan tablet biasanya disebut dengan pembelajaran berbasis multimedia. Berkaitan dengan pembelajaran bahasa dewasa ini, setiap orang semakin menyadari bahwa pengajaran bahasa secara tradisional tidak lagi efektif untuk menunjang kebutuhan peserta didik. Begitu juga dengan pembelajaran Bahasa Inggris, guru juga dituntut dapat menggunakan multimedia dalam proses pembelajaran demi mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif daripada menggunakan media tradisional yang diasumsikan cepat membosankan. Tanpa dipungkiri bahwa pembelajaran tradisional yang diterapkan oleh pendidik pada pembelajaran Bahasa Inggris merupakan kurangnya penguasaan iptek oleh guru. Berdasarkan hasil identifikasi masalah, didapatkan bahwa guru-guru Bahasa Inggris tingkat dasar dan menengah di Kecamatan Bungah, Gresik masih menggunakan media tradisional sehingga perlu diberikan sosialisasi dan pelatihan penerapan multimedia dalam pembelajaran Bahasa Inggris agar tercipta suatu proses berlajar yang menarik, efektif, dan menyenangkan.
Pelatihan Pembuatan Media Informasi untuk Pamong Belajar di SKB Cerme Gresik Udik Pudjianto; Nia Saurina; Anang Kukuh Adisusilo; Firman Hadi; Emmy Wahyuningtyas; Shofiya Syidada
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i1.194

Abstract

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Cerme - Gresik, untuk selanjutnya ditulis SKB Cerme merupakan lembaga pendidikan non formal di bawah Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BPPAUD DIKMAS) Propinsi Jawa Timur menyelenggarakan program seperti Kelompok Bermain Tunas Cendekia, Taman Kanak- Kanak Cendekia, Paket B Setara SMP, Paket C Setara SMA, Paket C Dewasa Usia 22 Tahun ke atas, Kursus Menjahit.Videoscribe adalah software yang bisa digunakan dalam membuat desain animasi dengan sangat mudah, walaupun oleh orang yang tidak memiliki latar belakang Teknik Komputer sekalipun. Software ini dikembangkan pada tahun 2012 oleh sparkol (Salah satu perusahaan yang ada di Inggris). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan pelatihan pembuatan media informasi kepada pamong belajar menggunakan videoscribe.
Front & Back Matter Vol. 2 No. 1 Redaksi JPP IPTEK
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelatihan Pembuatan Blog untuk Pengembangan Media Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan Vitri Tundjungsari; Suhaeri Suhaeri
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i1.225

Abstract

Weblog atau disebut juga sebagai blog merupakan sarana untuk menuliskan dan menginformasikan aktivitas seseorang maupun organisasi secara online. Blog dapat digunakan institusi pendidikan untuk penyebaran informasi maupun kegiatan belajar-mengajar antara guru dan murid. Pelatihan ini ditujukan untuk para guru dan murid SMK Ristek Jaya dan SMA Muhammadiyah 1 Jakarta guna membantu kegiatan belajar-mengajar sehingga materi pembelajaran dapat diakses dari mana saja. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa seluruh peserta mengalami kenaikan pengetahuan yang signifikan, ditunjukkan dengan hasil post-test yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil pre-test. Hasil pelatihan juga menunjukkan bahwa blog berpotensi untuk dijadikan sebagai media pembelajaran di sekolah. Namun demikian, masih perlu diteliti lebih lanjut efektivitas pembelajaran dengan blog.

Page 1 of 2 | Total Record : 14